TUGAS FINAL WAWASAN IPTEKS

1.    Penelitian tentang dihasilkannya kambing Doli hasil kloning gen melalui rekayasa genetika, ditemukannya bangunan piramid, dan lahirnya cerita “I Mallombassi daeng Mattawang”. Merupakan hasil karya olah akal manusia. Jelaskan masing-masing hal tersebut berdasarkan konsep ipteks dan apa dampak positif dan negatifnya bagi kehidupan manusia?
Jawab:
a.    Domba doli sebagai hasil kloning gen merupakan hasil perkembangan teknologi modern. Melalui teknik rekayasa genetika, seekor domba jenis Finn Dorset bernama dolly berhasil dikloning pada tanggal 5 juli 1996, di Roslin Institute, Edinburgh, skotlandia oleh seorang ilmuwan bernama Ian Wilmut. Dolly diklon dengan menggunakan sebuah sel telur yang intinya diganti dengan inti sel kelenjar susu ibunya. Kelahira dolly menyatakan suatu hal tentang kemampuan totipotensi sel somatik yaitu dapat bergenerasi menjadi individu baru.
    Dampak positif kloning bagi manusia
Teknik kloning pada manusia dapat membantu baik pasangan maupun orang tua tunggal untuk memiliki anak, dengan menumbuhkan janin yang bebas penyakit keturunan dan dapat menghasilkan sel, organ atau jaringan yang sesuai untuk pengibatan penyakit.
    Dampak negatif kloning bagi manusia
Intitusi perkawinan yang telah disyariatkan sebagai media berketurunan secara sah menjadi tidak diperlukan lagi, karena proses reproduksi dapat dilakukan tanpa melakukan hubungan seksual, selain itu jumlah biaya yang tidak sedikit untuk melakukan proses kloning, dianggap sebagai “penghamburan uang” hanya untuk mengkloning satu manusia, sementara diluar sana banyak”manusia-manusia formal” yang kekurangan dan berada di bawah garis kemiskinan.
b.    Ditemukannya Bangunan piramid, menyatakan bagaimana besarnya rasa ingin tahu manusia akan kebenaran suatu sejarah. Manusia terus mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk dapat memperoleh suatu kebenaran. Dalam penemuan ini manusia akan terus mencari tahu lagi tentang pembuatan bangunan tersebuat, baik dari proses maupun bahan-bahan yang digunakan.
    Dampak positif penemuan piramid bagi manusia
Penemuan piramid akan membuat manusia lebih memperdalam ilmu pengetahun lagi. Manusia akan terus mengkaji penemuan tersebut bahkan dengan menggunakan teknologi canggih sekalipun. Manusia akan memperoleh informasi baru dari sejarah bangunan piramid tersebut.
    Dampak negatif penemuan piramid bagi manusia
Penemuan piramid menimbulkan banyak pemikiran dari masing-masing arkeolog tentang sejarah bangunan piramid tersebut. Manusia akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mengkaji dan meneliti penemuannya tersebut.
c.    Lahirnya cerita adat “ I Mallombassi Daeng Mattawang” yang diberi gelar Sultan Hasanuddin, lahir pada tanggal 12 januari 1631. Menceritakan bagaimana perjuangan orang jaman dulu dalam melawan penjajah.
    Dampak positif bagi manusia
Cerita adat tersebut mengajarkan pelajaran penting yang terkandung dalam setiap cerita rakyat yang meberikan sentuhan emosional disetiap cerita yang disampaikan.
    Dampak negatif bagi manusia
Cerita adat ini dapat membuat anak-anak seakan-akan sering menghayal untuk menjadi tokoh-tokoh yang ada dalam cerita-cerita tersebut, khususnya tokoh yang mereka idolakan.

2.    Dalam memenuhi aspek curiousitas dan kebutuhan manusia, maka knowledge dan science dirasa kurang sehingga lahirlah dua jenis ilmu yaitu: Art dan Technology, jelaskan perbedaan dan hubungan masing-masing?
Jawab:
Perbedaan dari seni dan teknologi dapat dilihat dari definisi keduanya, dimana seni dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan manusia yang menjelajahi dan menciptakan realitas baru, serta menyajikan secara kiasan. Sebi sangat penting dalam kehidupan manusia karena menjadi wadah untuk mengapresiasikan kreativitas dan merupakan cerminan jiwa manusia. Sedangkan teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang , memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh pancaindera dan otak manusia.

Seni dan teknologi memiliki kaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan  dalam kehidupan manusia. Suatu teknologi memerlukan sentuhan seni dalam pengembangannya. Sentuhan seni ini akan menimbulkan terciptanya suatu karya teknologi yang lebih bermutu. Suatu seni “keahlian” yang diluapkan dalam teknologi akan lebih bermanfaat. Semua hasil karya teknologi akan mempertimbangkan nilai seni yang ada didalamnya.

3.    Wawasan ipteks memiliki beberapa substansi sesuai Visi Misi Unhas yang harus dikembangkan sebagai profil kepribadian dan dimiliki oleh seorang Mahasiswa Unhas, sbutkan profil kepribadian tersebut lalu jelaskan?
Jawab:
Mengacu pada sisitem yang dianut, untuk menyelenggarakan pendidikan dalam rangka menumbuh-kembangkan wawasan dan dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ipteks, maka diperlukan pengembangan sejumlah sikap sebagai profil kepribadian yang meliputi, berwawasan holistik dalam memandang setiap permasalahan, mengutamakan kecermatan (taat azas, telaah kritis, teguh-tekun-ulet) dan kejujuran (sistematik-objektif dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi empat dimensi keunggulan manusia yaitu kebenaran, kebaikan, keindahan, dan keutuhan.

4.    Carilah karya ipteks dari internet  sesuai disiplin ilmu anda masing-masing, lalu sodara komentari sesuai wawasan saudara dan bagaimana kesimpulan anda tentang karya Tersebut,cantumkan daftar pustaka baik dari buku, termasuk dari internet pada lembar terakhir tugasmu, jumlah halaman bebas.
Jawab:
a.    Aplikasi Matlab
Selama ini, proses pembelajaran matematika masih lebih dominan menggunakan metode manual dengan menuliskannya di papan tulis. Sekarang, proses pembelajaran matematika sudah lebih maju, yakni dengan menggunaan Matlab sebagai alat komputasi yang bisa membantu guru dalam mengajarkan pelajaran matematika.
Matlab merupakan bahasa pemrograman dengan kemampuan tinggi dalam bidang komputasi, sehingga berdayaguna tinggi untuk perhitungan teknik, dan merupakan suatu sistem interaktif untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Matlab mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu lingkungan yang mudah digunakan, dengan permasalahan dan penyelesaian yang dinyatakan dalam notasi matematika biasa.
b.    Aplikasi Maple
Perkembangan program aplikasi untuk melakukan komputasi matematika semakin maju dan beragram seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komputer. Salah satu program aplikasi yang mampu melakukan komputasi matematis dengan cepat dan mudah dioperasikan adalah Maple. Program Maple ini mudah dioperasikan oleh siapa saja karena program ini tidak mensyaratkan seseorang menguasai suatu bahas pemprograman komputer. Buku dengan judul ” Aljabar Linier, Vektor dan Eksplorasinya dengan Maple ” yang ditulis secara komunikatif dan interaktif ini dapat dipakai sebagai buku referensi ketika kita sedang mempelajari Aljabar Linier dan Vektor serta ingin mengeksplorasinya. Dengan menggunakan program Maple ini, kita akan mempunyai banyak waktu untuk melakukan analisis dan interpretasi suatu solusi matematis tanpa terjebak pada kerumitan komputasi matematisnya.

c.    Macro Minitab
Minitab adalah salah satu paket software untuk statistika sama seperti SPSS, SAS dan beberapa paket program software statitika lainnya. Sebagai salah satu software untuk membantu menganalisis data, minitab dikemas secara lengkap dan simpel. Sehingga membuat user merasa mudah untuk menggunakannya. Menurutku yang sebagai orang awam, minitab lebih mudah digunakan daripada SPSS.

d.    Alat Peraga
Perkembangan Ipteks, dimana banyak dikembangkan alat-alat peraga, baik itu yang digunakan dalam pembelajaran matematika maupun dalam-dalam ilmu lain. Seiring perkembangan zaman temuan alat peraga juga akan semakin canggih dengan adanya sentuhan teknologi dan seni.

e.    Kalkulator
Teknologi merupakan sarana yang penting untuk mengajar dan belajar matematika secara efektif; teknologi memperluas matematika yang dapat diajarkan dan meningkatkan belajar siswa. Istilah teknologi dalam konteks matematika sekolah merujuk terutama pada semua jenis kalkulator dan kom¬puter, termasuk akses ke Internet dan sumber-sumber yang tersedia untuk digunakan dengan menggunakan perangkat tersebut.

f.    Algebrator Portable
Algebrator Portable adalah suatu software Aljabar matematika yang sangat membantu dalam proses belajar mengajar matematika terutama dalam Aljabar. Dengan Aplikasi Aljabar Algebrator Portable kita dapat mengatasi beberapa permasalahan yang sering muncul dalam belajar matematika, seperti :
– Menyederhanakan aljabar
– Pemfaktoran
– Persamaan Linear 2 Variable
– Persamaan Linear 3 Variable
– Operasi dengan fungsi Geometri dasar dan
– trigonometri
– Menyederhanakan logaritma.

g.    Graph
Sesuai dengan namanya “graph” software ini digunakan untuk menggambar suatu grafik fungsi yang diinputkan. Grafik bisa fungsi apa saja asal memenuhi kaidah matematika. Software ini juga bisa tuk menyimpan gambar grafiknya juga menjadi file jpeg.  Dibawah previewnya
h.    Eigen Math
Aplikasi ini digunakan untuk perhitungan matematika tingkat lanjut, yang biasanya dipergunakan oleh para mahasiswa, aplikasi ini dapat menghitung perhitungan seperti kalkulus vector, differential, integral, matriks, turunan, perkalian matriks, Polarisasi, geometric, dan masih banyak lainnya Pokoknya lengkap dech, aplikasi ini juga da gambarnya grafik lho bila diperlukan.

i.     Microsoft Mathematics
Dengan Microsoft Mathematics, kita dapat belajar untuk memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, selain juga memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Software ini sebenarnya semacam kalkulator, seperti halnya RedCrab dengan berbagai fitur termasuk fitur grafik yang di design seperti kalkulator tangan.

Berbagai fitur tambahan juga tersedia, seperti pemecah masalah segitiga, konversi dari unit satu ke unit yang lainnya, juga pemecah (pencari solusi) dari sebuah persamaan. Dengan Kalkulator ini juga lebih mudah untuk membuat grafik 2D (2 Dimensi) maupun 3D.
    Dalam kehidupan sehari-hari kita sering merasakan bagaimana angka-angka statistika dimanfaatkan guna memberiakan informasi, mengambil keputusan atau untuk kepentingan yang lain. Sebagai contoh apabila kita membaca surat kabar atau majalah banyak dijumpai angka-angka atau uraian-uraian yang menggunakan angka-angka statistika untuk menyampaikan informasi kepada pembaca baik mengenai hal-hal yang menyangkut produksi barang, data-data atau hasil pembangunan, data kejahatan, data kecelakaan dan data lainnya sehingga angka tersebut dapat mudah dimengerti dan dapat pula berfungsi sebagai promosi ataupun sebagai bahan informasi saja.
Dengan demikian analisa kwantitatif yang berdasarkan angka, secara langsung baik sadar ataupun tidak sadar sebenrnya telah merupakan bagian kebutuhan dalam kehidupan seahari-hari. Contoh lain bahwa analisa statistik membantu kehidupan ini adalah hasil ramalan cuaca yang selalu disiarkan oleh acara televisi dimana dengan informasi tersebut banyak membantu bidang pelayaran dan penerbangan.
Analisa statistika di dalam perusahaan dapat digunakan dalam aspek produksi, pembelanjaan, investasi pemasaran dan administrasi.
1)    Aspek Produksi
Meliputi statistika control agar dapat menerapkan standart kwalitas produksi, pengawasan terhadap efisiensi kerja, terutama pada model produk-produk tertentu sehingga dapat dihitung waktu standart dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, uji terhadap metode produksi-produksi baru sehingga pimpina peusahaan dapat mengambil keputusan apakah metode baru tersebut segera dilaksanakan atau tidak.
2)    Aspek Pembelanjaan, Investasi, dan Pemasaran
Dalam aspek ini statistika digunakan dalam analisa bidang akutansi dan marketing yang berhubungan dengan ongkos dan volume produksi serta perubahan harga. Dengan mengetahui data stastistika dalam bidang-bidang tersebut berarti pimpinan dalam mengambil keputusan mempunyai dasar yang kuat apakah indeks harga yang telah ditentukan perlu ditinjau ulang atau tidak serta yang lainnya.
3)    Aspek Pemasaran dan Administrasi
Aspek ini biasanya digunakan dalam menganalisa penjualan, supply dan demand, sehingga pimpinan dapat memperoleh gambaran potensi kekuatan pasar yang akan datang, sehingga dapat menyesuaikan jumlah barang yang akan diproduksi dengan kekuatan pasar dan pekerja.

Hal-hal yang diteliti dalam bidang ini meliputi karakteristik konsumen, potensi pasar baik untuk produksi ataupun daerah yang baru., mencari curve supply dan demand sehingga pimpinan dapat menentukan penetapan harga, test-test terhadap metode penjualan dan sebagainya. Sedangkan dalam aspek administrasi banyak digunakan untuk menganalisa efektifitas pekerja serta hubungan jam kerja dan efisiensi kerja dan lain sebagainya.
5.    Jelaskan dengan singkat istilah berikut ini : pengetahuan, teknologi, seni, sains mekanistik, kecerdasan artivisial, rekayasa genetik, nanoteknologi, berfikir holistik, empiris, personality, sensibilitas, ozon, resonansi, estetika, dan rehumanisasi.
Jawab:
a.    Pengetahuan adalah segenap yang kita ketahui tentang suatu obyek.
b.    Teknologi adalah segala sesuatu yang berfungsi memudahkan pekerjaan manusia.
c.    Seni adalah penciptaan segala hal  atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya, mendengarnya dan menikmatinya.
d.    Sains mekanistik adalah disiplin ilmu alam yang menjelaskan tentang interaksi benda yang ada di alam seperti gerak, energi, dan sebagainya.
e.    Kecerdasan artivisial atau kecerdasan buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan.
f.    Rekayasa genetika adalah sebua manipulasi gen makhluk hidup agar didapatkan sifat makhluk hidup baru sesuai dengan keinginan.
g.    Nanoteknologi adalah teknologi yang memakai prinsip mikro dari penggunanya tetapi memunyai peranan penting dalam kerja sama sistem teknologi.
h.    Berfikir holistik adalah berfikir secara umum atau universal
i.    Empiris adalah suatu keadaan yang bergantung pada bukti atau konsekuensi yang teramati oleh indera.
j.    Personality adalah penggambaran perilaku, watak, atau pribadi seseorang.
k.    Sensibilitas adalah kemampuan untuk menafsirkan rangsangan dari luar atau dari dalam tubuh (kepekaan).
l.    Ozon adalah zat oksidan yang kuat, beracun, dan zat yang pembunuh jasad renik yang kuat.
m.    Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena pengaruh getaran gelombang elektromagnetik luar.
n.    Estetika adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang keindahan.
o.    Rehumanisasi adalah mengembalikan martabat manusia dalam perkembangan ipteks yang sangat cepat.

6.    Ceriterakan salah satu nilai kearifaan lokal yang menjadi ciri khas daerah asal saudara?
Jawab:
Salah satu prinsip nilai kearifan lokal yang dapat saya ambil dari daerah saya adalah “siri”. “siri” didefinisikan sebagai pengegerak secara spiritual yang membimbing perilaku masyarakat Sulawesi Selatan dalam maneghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan seperti perkawinan, hubungan kekeluargaan, dan hukum. “Siri” tidak hanya mencakup akibat saja tetapi juga dapat mencerminkan diri manusia.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.bookoopedia.com/id/book/id-65-54313/teknik/aljabar-linear-vektor-dan-eksplorasinya-dengan-maple-edisi-2.html

http://www.medantalk.com/aplikasi-matlab-membantu-pembelajaran-matematika/

http://simegs.blogspot.com/2010/02/macro-minitab.html

http://karmawati-yusuf.blogspot.com/2009/01/kalkulator-dalam-pembelajaran_08.html

http://nasrullah15.wordpress.com/2012/02/05/algebrator-portable-aplikasi-aljabar-matematika/

http://blog.ub.ac.id/115060207111004haries/2012/03/25/statistika-dan-probabilitas/

7 comments on “TUGAS FINAL WAWASAN IPTEKS

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s